Pendiri Koperasi Sawit Laporkan Pengurus ke Mapolres Dharmasraya

Kamis, 15 Apr 2021 | 13:10:34 WIB, Dilihat 1008 Kali

Oleh ari

Pendiri Koperasi Sawit Laporkan Pengurus ke Mapolres Dharmasraya

Baca Juga : Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani


Sitinjausumbar.com - Pendiri Koperasi Sawit Datuak Nan Sambilan laporkan Pengurus periode 2019 s/d 2022 ke Mapolres Dharmasraya, Gunung Medan, Rabu (14/4/2021)

Menurut Pendiri Koperasi Sawit Datuak Nan Sembilan, Khairul Rasyid, mengatakan saya sebagai Pendiri Koperasi Sawit Datuak Nan Sambilan sekaligus mewakili suara  anggota serta masyarakat Gunung Medan pada umumnya.

"Pengurus sudah ingkar dari hasil keputusan RAT tahun buku 2019 dan 2020 pada tanggal 26 Maret 2021 kemarin. Mereka telah membagikan  sebagian uang kepada masyarakat ini  informasi langsung yang saya terima, jelas Khairul Rasyid yang juga merupakan Wali Nagari Gunung Medan terpilih

Ditambahkannya, tentu hal tersebut sudah melanggar dari keputusan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2019 dan 2020 sedangkan   keputusan tertinggi di perkoperasian adalah Rapat Anggota.

Keputusan ini lah yang dilanggar oleh pengurus periode 2019 s/d 2022.

Dan selanjutnya, pengurus juga tidak kooperatif ketika di undang oleh Tim Khusus yang dibentuk di RAT pada tanggal 26 Maret 2021.

"Mereka tidak datang pada rapat tersebut dalam penyampaian perjalanan Tim Khusus" katanya

Lalu pengurus  juga membuat Rapat di setelah hasil keputusan  RAT diterbitkan dengan mengundang pembina dan Badan Pengawas dan Monti pada tanggal 11 April 2021 bertempat di ruangan pertemuan Hotel Umega"

"Pengurus mengeluarkan di berita acaranya membatalkan Audit Independen dan membagikan hasil sisa usaha pada tanggal 12 April 2021, dan SHU dibagikan kepada Datuak suku masing-masing dan untuk diberikan kepada masyarakat suku masing-masing, tentu ini menjadi tanda tanya bagi kita sebagai anggota", jelasnya

Dengan telah dilanggarnya Hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan kami juga telah melaksanakan Rapat Anggota Luar Biasa dan telah memberhentikan pengurus 2019 s/d 2022 ini, seharusnya pengurus mengakomodir kepentingan anggota bukan semena-mena saja.

"Tetapi mereka masih  berbuat tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan undang-undang yang berlaku", tutup Khairul Rasyid

Menurut, petugas piket Polres Dharmasraya, Briptu Ardi Absyari Rahman, membenarkan ada laporan masuk dari anggota koperasi Sawit Datuak Nan Sambilan Gunung Medan sesuai dengan Surat Tanda Terima Laporan Pengaduan Nomor STTLP/34/K/IV/2021-Polres

Dalam perkembangan selanjutnya tentang laporan tersebut menunggu tindak lanjut dari unit yang Reskrim polres Dharmasraya. ( AKN )



Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani
  • Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani

    , | 06:14:34 | 306 Kali