Pemko Pariaman Serahkan Beasiswa pada 63 Mahasiswa Program Saga Saja

Kamis, 15 Apr 2021 | 13:15:33 WIB, Dilihat 405 Kali

Oleh ari

Pemko Pariaman Serahkan Beasiswa pada 63 Mahasiswa Program Saga Saja

Baca Juga : Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani


Sitinjausumbar.com --- Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman serahkan beasiswa untuk 63 mahasiswa program  satu keluarga satu sarjana (Saga Saja). Beasiswa ini diserahkan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman kepada Pemerintah Kota Pariaman yang diterima   Walikota Pariaman, Genius Umar  untuk disalurkan kepada mahasiswa penerima beasiswa ini, bertempat di ruang rapat Balaikota Pariaman, Rabu siang (14/4/2021).

Sebanyak 63 mahasiswa dan mahasiswi berasal dari kampus berbeda yang bekerjasama dengan Pemko Pariaman ini, dengan total bantuan mencapai Rp. 81.065.000, rupiah, dimana masing-masing mereka akan berbeda menerima besaranya, tergantung dengan kampus mereka, mulai uang semester sampai uang pembangunan.

"Pemko Pariaman akan terus membayar beasiswa dalam program Saga Saja ini, sampai mereka tamat nantinya, sehingga tujuan dari program ini dapat segera tercapai, dimana nantinya, mereka dapat lulus dan memperoleh pekerjaan untuk membantu ekonomi keluarganya," jelasnya.

Genius Umar juga berharap agar beasiswa yang dikucurkan ini, diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) diatas 2,75, karena dengan begitu, para mahasiswa ini merasa bertanggung jawab dengan tugas dan kuliahnya.

"Selain mematok IPK minimal 2,75, kita juga nantinya akan memberikan tambahan uang saku kepada mashasiswa dan mahasiswi yang mempunyai IPK diatas 3,7, dimana pada kesempatan ini ada 3 orang yang mempunyai nilai IPK lebih dari 3,7 dan akan kita beri tambahan Rp. 1 Juta rupiah," ujarnya.

"Kepada anak-anak kami semua, agar dapat kuliah dengan rajin dan tekun, sehingga nantinya dapat menjadi orang yang sukses dikemudian hari, dan dapat mengangkat derajat keluarganya dari yang semula kurang mampu, menjadi keluarga yang mampu, sehingga kita dapat menurunkan angka kemiskinan di Kota Pariaman yang kita cintai ini," tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, Kanderi mengatakan bahwa saat ini telah banyak daerah lain yang meniru program Saga Saja Kota Pariaman ini, dimana beberapa daerah sudah berkunjung ke Kota Pariaman untuk mengimplementasikan program ini di daerahnya masing-masing.

"Sudah ada beberapa daerah yang sedang membuat program serupa di daerahnya masing-masing, dan ini menjadi kebanggan bagi kita di Kota Pariaman, bahwa program unggulan Walikota Pariaman, Genius Umar bersama Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin ini, menjadi percontohan dan diimplementasikan di daerah mereka," ulasnya.

Dapat disampaikan bahwa program Saga Saja Kota Pariaman ini merupakan satu-satunya yang ada di Provinsi Sumatera Barat, dan untuk indonesia mungkin hanya beberapa daerah saja yang mempunyai program serupa, dan ini merupakan inovasi dan perhatian dari Pemko Pariaman untuk menyekolahkan anak mudanya ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, setelah sukses dengan program Wajar (Wajib Belajar) 12 Tahun, serta Bus Sekolah gratis nya, ucap Kanderi mengakhiri. (J/02)



Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani
  • Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani

    , | 06:14:34 | 306 Kali


  • Satpol-PP Kota Pariaman Berikan Pembinaan  pada Dubalang Desa
  • Satpol-PP Kota Pariaman Berikan Pembinaan pada Dubalang Desa

    , | 19:00:06 | 344 Kali


  • 660 KK Masuk RTSM di Kota Pariaman
  • 660 KK Masuk RTSM di Kota Pariaman

    , | 17:06:11 | 306 Kali