Dinkes Padang Pariaman Dampingi Pembentukan KKM PKTD Daerah Sulit

Kamis, 15 Apr 2021 | 20:56:53 WIB, Dilihat 237 Kali

Oleh ari

Dinkes Padang Pariaman Dampingi Pembentukan KKM PKTD Daerah Sulit

Sitinjausumbar.com - Dalam rangka tujuan 6 SDG'S  memastikan ketersediaan dan pengelolaan air minum,  sanitasi yang berkelanjutan,  aman serta  memberikan kontribusi dampak yang positif terhadap minimalisasi kejadian penyakit berbasis lingkungan.

Intervensi kesehatan lingkungan padat karya tunai desa  bekerjasama dengan TNI AD merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah pada daerah sulit dijangkau dan terpencil dengan memberdayakan masyarakat untuk mau dan mampu melakukan hidup bersih dan sehat dengan menerapkan pendekatan STBM lima pilar.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Drs. Yutiardy Rivai, Apt, Kamis (15/4/2021), menyampaikan  kegiatan ini adalah program pemberdayaan masyarakat yang dalam persiapan, pelaksanaan dan pengawasannya adalah masyarakat, PKTD ini bukan proyek. Diharapkan KKM yang terbentuk dapat melaksanakan program ini sesuai dengan petunjuk teknis dari kemenkes dan pelaksanaan yang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat mutu.

Acara  dihadiri  Dandim 0308 Pariaman  diwakili Pasiterdim Aidil Adha, Camat Lubuk Alung , tokoh masyarakat dan masyarakat Nagari Salibutan.

Kelompok Kerja Masyarakat (KKM)  dibentuk di 3 korong yaitu korong Lipek Pageh, Korong Gamaran dan Korong Lubuk Munti. Kegiatan ini bertujuan untuk kesehatan masyarakat marginal/miskin, meningkatkan kualitas lingkungan dengan stimulan masyarakat miskin yang sudah berprilaku sehat untuk mendapatkan akses terhadap sarana sanitasi jamban layak dan sarana CTPS.

Masyarakat Nagari Salibutan  sangat antusias sekali mengikuti acara ini,hal ini dibuktikan oleh banyak nya pertanyaan yg disampaikan kepada Kadis Kes maupun kepada Pasiter Kodim 0308 Pariaman.

Mudah mudahan dengan ada nya bantuan yg bersifat stimulan ini berupa jamban dan CTPS Nagari Salibutan mampu mendeklarasikan Nagari ODF atau tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar disembarangan tempat. (r/02)