Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim 0308/Pariaman Garap Lahan

Kamis, 23 Mei 2019 | 06:14:15 WIB, Dilihat 50 Kali

Oleh ari

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim 0308/Pariaman Garap Lahan

Baca Juga : Lapau Emak, Inovasi DSP3A Padang Pariaman Terkait Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak


Pariaman, Sitinjausumbar.com --- Dalam rangka melaksanakan kegiatan peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Pajale) dengan menjadikan taman inovasi pertanian di Kota Pariaman, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman bekerjasama dengan Kodim 0308 Pariaman melakukan gotong royong membersihkan lahan tidur di Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Selasa (21/5/2019).

Walikota Pariaman Genius Umar saat meninjau lokasi gotong royong tersebut mengatakan bahwa kegiatan demplot tumpang sari ini merupakan salah satu bentuk realisasi dari Program Nasional Kementerian Pertanian (Upsus Pajale). Lahan tidur ini  akan dilakukan demplot penanaman Pajale. Upaya gotong royong ini dilakukan bersama dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Kota Pariaman beserta Kodim 0308 Pariaman serta masyarakat Desa Taluak.

"Sesuai dengan visi misi Walikota Pariaman tentang pengembangan ekonomi kreatif berbasis lokal, setelah kami pantau kelapangan ternyata masih banyak lahan-lahan tidur yang belum kita manfaatkan," terangnya.

" Jika kita lihat dari letak dan strategisnya. Desa Taluak ini sangat potensi dan produktif, hanya saja masyarakat kita memiliki keterbatasan dalam hal kemampuan teknologi dan pengembangannya. Upaya ini kita lakukan sebagai bentuk pancingan bagi masyarakat sekitar bagaimana kita bisa memanfaatkan lahan tidur,"  ujar Genius.

Genius  berharap Dinas Pertanian dapat mengembangkan demplot pertanian ini menjadi bank tanah sehingga bisa dikembangkan menjadi agro wisata bagi Kota Pariaman. Jika berhasil nanti akan kita undang Kementerian Pertanian RI untuk datang ke Kota Pariaman untuk melihat hasil kerja keras ini.

Dandim 0308 Pariaman Hery Pujiyanto, mengatakan bahwa dalam hal ini pembuatan demplot penanaman pangan pajale berdasarkan kerjasama antara TNI dengan Kementan RI. Ini harus kita laksanakan sepanjang tahun. Tahun ini kita bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Pariaman untuk memanfaatkan lahan tidur yang sudah tidak digarap masyarakat.

Dasarnya  memilih  lahan ini dulunya pernah diolah masyarakat tapi selalu gagal mungkin disebabkan pengetahuan tentang pertanian. Upaya yang sudah kita lakukan adalah  menginvetarisir pemilik lahan.

Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril mengatakan untuk pengembangan demplot pajale ini kita juga sudah melakukan kerjasama dengan PT Panah Merah untuk pengembangan tanaman hortikultura.

"Mereka siap untuk membantu kita memberi bibit pengembangan dan kita nanti akan bertanggungjawab terhadap bibit, teknis, teknologi dengan dibantu pengawasan oleh para penyuluh pertanian, sedangkan Kodim 0308 akan membantu dengan mengerahkan tenaga kerjanya. Insyaallah, untuk tanam perdana nanti akan kami lakukan bersama Walikota Pariaman setelah lebaran.

Kabid Tanaman Pangan, Pertanian, Perkebunan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Mulyadi mengatakan nanti setelah tanaman jagung, rencanannya akan dipadukan dengan kegiatan demplot tanaman palawija setelah itu akan kita gilirkan setiap musim tanam selama tiga tahun berturut-turut yang bekerjasama dengan Kodim 0308 dan Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Kota Pariaman.

Setelah terlaksana, kami harapkan masyarakat bisa mencontoh bahwa pemanfaatan lahan pekarangan dengan sistem kerjasama juga bisa meningkatkan produksi dan pendapatan masyarakat. Berharap kegiatan ini bisa berlanjut,  dapat menjadi lahan edukasi dan pendidikan bagi masyarakat serta generasi muda dalam rangka kegiatan pembangunan pertanian di Kota Pariaman.

Disamping inovasi ini, lanjut Mulyadi, juga  terapkan teknologi terbaru yang dikeluarkan oleh  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yaitu pertama sekali dengan tanpa olah tanah (TOT). Tahap pertama  menggunakan TOT ini untuk tanaman jagung, kemudian akan kita buat site plan sebagaimana taman-taman ini juga akan dijadikan taman sains pertanian yang dipadu dengan taman inovasi pertanian di Kota Pariaman. Mudah-mudahan dengan melihat langsung kenyataan teknologi yang kita terapkan generasi muda mau kembali menjadi petani milenial. (Erwin/02)



Lapau Emak, Inovasi DSP3A Padang Pariaman Terkait Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak
  • Lapau Emak, Inovasi DSP3A Padang Pariaman Terkait Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak

    Rabu, | 13:21:55 | 113 Kali


  • DSP3A Padang Pariaman Apresiasi Pembinaan Forum Anak Nagari Kuraitaji Timur
  • DSP3A Padang Pariaman Apresiasi Pembinaan Forum Anak Nagari Kuraitaji Timur

    Rabu, | 07:16:22 | 5849 Kali


  • Kemenag Padang Pariaman Adakan MTQ Antar ASN, Betharianto Juara I
  • Kemenag Padang Pariaman Adakan MTQ Antar ASN, Betharianto Juara I

    Rabu, | 07:06:50 | 45 Kali


  • GOWAD dan Condotel Pertama Bakal Hadir di Pariaman
  • GOWAD dan Condotel Pertama Bakal Hadir di Pariaman

    Rabu, | 07:04:35 | 114 Kali


  • Sukses Selenggarakan Pemilu, Wabup Apresiasi KPU Padang Pariaman
  • Sukses Selenggarakan Pemilu, Wabup Apresiasi KPU Padang Pariaman

    Selasa, | 08:05:17 | 69 Kali