Selalu Ada Kesempatan Untuk Berubah, Sebuah Renungan di Hari Senin
Oleh: Prof.Dr.H.Asasriwarni MH (Guru Besar UIN IB/Musytasyar PWNU Sumbar)

Senin, 21 Des 2020 | 07:03:19 WIB, Dilihat 1913 Kali

Oleh ari

Selalu Ada Kesempatan Untuk Berubah, Sebuah Renungan di Hari Senin

Baca Juga : Wawako Pariaman Buka Lomba MHQ MDTW dan MDTU


Tidak ada orang baik yang tidak punya masa lalu dan tidak ada orang  jahat yang tidak punya masa depan. Sebagaimana firnan Allah SWT  di bawah ini :

“Katakanlah : Wahai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri ! JANGAN LAH KAMU BERPUTUS ASA DARI RAHMAT ALLAH. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”  (QS. Az-Zumar Ayat : 54).

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berubah menjadi lebih baik. Bagaimanapun kelam masa lalunya, sekelam apapun lingkungan tempat tinggalnya dahulu, dan seburuk apapun perangainya di masa lampau. Berilah kesempatan kepada setiap orang untuk berubah. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini :

 “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nisa' Ayat : 110).

Karena, ada seorang yang hampir pernah mau membunuh Rasulullah SAW pun kini berbaring di sebelah makam beliau, yakni :  Umar bin Khattab.

Jangan melihat seseorang dari masa lalunya. Seseorang yang pernah sangat membenci dan bahkan pernah berperang melawan agama Allah SWT  pun pada akhirnya sukses menjadi pedang Allah SWT, yakni : Khalid bin Walid.

Jangan memandang seseorang dari status dan hartanya, karena sepatu emas Fir'aun tempatnya ada di neraka,  sedangkan terompah Bilal bin Rabah terdengar berada di surga. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini :

“Wahai manusia ! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi allah ialah orang-orang yang  paling bertakwa.  Sungguh, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti.” (QS. Al Hujarat Ayat : 13)

Intinya, jangan memandang remeh seseorang karena masa lalu dan lingkungannya,  karena bunga teratai tetap mekar cantik meski tinggal di air yang keruh. Makanya untuk nenjadi hebat yang diperlukan adalah kuatnya tekad. Tak perlu pusingkan masa lalu, tak perlu malu dengan tempat asalmu. Jika kau mau, Kau bisa menjadi laksana bunga teratai yang meski  tinggal di air yang keruh namun tetap mekar mengagumkan. Sebagaimana firnan Allah SWT berikut ini :

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.  Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya ; dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar Ra'd Ayat : 11).

Berubah dan bangkit,  jauh lebih indah daripada diam dan hanya bermimpi tanpa melakukan apapun.

Ingatlah !!! Jika semua yang kita kehendaki selaku kita miliki, dari mana kita bisa belajar Ikhlas...? Jika semua yang kita impikan selalu menjadi kenyataan, lalu kapan kita dapat belajar sabar. Sebagaimana firman Allah SWT  berikut ini :

 “Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An Nahl Ayat : 96).

Jika setiap do’a kita selalu Allah SWT kabulkan dengan mudah,  bagaimana mungkin  kita dapat belajar Ikhtiar dengan sungguh-sungguh. Seorang yang dekat dengan Allah SWT, bukan berarti tidak ada linangan air mata. Seorang yang tekun berdo’a,  bukan berarti tidak pernah mengalami  masa-masa yang sulit. Sebagaimana firman Allah SWT  berikut ini :

 “Dan Kami pasti akan menguji kamu  dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar .” (QS. Al Baqarah Ayat : 155).

Biarlah Sang Penyelenggara Hidup Yang Maha Agung yang menentukan segalanya atas kita semua. Karena hanya Dia lah yang tahu waktu dan masa yang tepat untuk memberikan yang Terbaik buat kita. Sebagaimana firnan Allah SWT  berikut ini :

 “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tudak baik bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”  (Al Baqarah Ayat : 216).

Marikah kita tetap semangat, tetap sabar, tetap ikhlas, dan tetap bersyukur, serta senantiasa berdoa. Karena kehidupan yang kita arungi ini adalah sebuah ujian. Orang yang hebat adalah orang yang sabar dan ikhlas dalam menghadapi semua ujian yang Allah SWT berikan. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini :

“(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali Imran Ayat : 134).

Semoga renungan ini bermanfaat bagi kita, aamiin YRA.



Wawako Pariaman Buka Lomba MHQ MDTW dan MDTU
  • Wawako Pariaman Buka Lomba MHQ MDTW dan MDTU

    Senin, | 06:54:47 | 866 Kali


  • Wamenag RI: Diklatpimnas Lahirkan Pemimpin Moderat dan Berwawasan Kebangsaan
  • Wamenag RI: Diklatpimnas Lahirkan Pemimpin Moderat dan Berwawasan Kebangsaan

    Senin, | 06:52:00 | 1173 Kali


  • Ketua PW Fatayat NU Lampung: Fatayat NU Harus Mandiri Secara Ekonomi
  • Ketua PW Fatayat NU Lampung: Fatayat NU Harus Mandiri Secara Ekonomi

    Senin, | 06:18:51 | 1080 Kali


  • PWI Pokja Pekanbaru Studi Wisata Ke Kota Pariaman
  • PWI Pokja Pekanbaru Studi Wisata Ke Kota Pariaman

    Senin, | 06:14:07 | 869 Kali


  • Temuan Aplikasi Pendeteksi Dini Penyakit Kusta Mahasiswa UIN Walisongo Sabet Juara Internasional
  • Temuan Aplikasi Pendeteksi Dini Penyakit Kusta Mahasiswa UIN Walisongo Sabet Juara Internasional

    Sabtu, | 14:00:31 | 1237 Kali