Santri Ponpes Bustanul Yaqin Juara Lomba Pidato Bahasa Arab di IAIN Batusangkar

Rabu, 09 Okt 2019 | 07:10:15 WIB, Dilihat 339 Kali

Oleh ari

Santri Ponpes Bustanul Yaqin Juara Lomba Pidato Bahasa Arab di IAIN Batusangkar

Baca Juga : Targetkan APE, Dinsos P3A Padang Pariaman Terbitkan Buku Profil Gender


Lubuk Alung, Sitinjausumbar.com - Santri Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Pungguang Kasiak Lubuk Alung Rizki Fajri raih juara pertama lomba pidato Bahasa Arab di IAIN Batusangkar pada  Pekan Bahasa VI yang diselenggakan  Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Batu Sangkar.  Lomba pidato Bahasa Arab  diikuti  MTS, MA dan Pondok Pesantren Se Sumatera Barat.

Kegiatan yang mengusung tema “Memupuk kecintaan pada Bahasa Arab dan Mengimplementasikan Intelektual Generasi Milenial Dalam Bahasa Arab” dilaksanakan  Senin (7/10/2019)  di auditorium IAIN Batusangkar. Disamping memperlombakan cabang pidato bahasa arab juga lomba Hifzhil Qur an dan Musabaqah Qiraatil Kutub dengan menyediakan hadiah berupa trophy, tabanas dan sertifikat.

Pembimbing lomba yang juga guru Pondok Pesantren Bustanul Yaqin, Irwanto Tuanku Bagindo Mangkuto menyebutkan  Pondok Pesantren  Bustanul Yaqin ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut dengan satu semangat menggali potensi santri untuk menjadi generasi berprestasi dalam ridho ilahi.

“Bermodalkan semangat itu, kami mengirim 7 orang peserta. Alhamdulillah 3 santri kami meraih juara yaitu Rizki Fajri Juara I Lomba Pidato Bahasa Arab dan Jefrianto Juara Harapan 2 cabang Lomba Pidato Bahasa Arab. Kemudian Assa’adatil Abadiyyah Rahmat Juara 3 Cabang Hifzhil Quran 2 juz,” tutur Irwanto yang juga aktifis muda Padang Padang Pariaman didampingi Mustafa Kamal, Rabu (9/10) pagi.

Lebih lanjut Irwanto menyebutkan bahwa keikutsertaan pesantren Bustanul Yaqin dalam perlombaan ini sebagai ajang untuk mengevaluasi sudah sejauh mana proses belajar dan mengajar yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Bustanul Yaqin. Di samping itu juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat berprestasi dan kompetisi di kalangan santri sesuai dengan visi pesantren yaitu terwujudnya Sumberdaya manusia yang berkualitas, mandiri dan memiliki nilai saing.

“Kami selalu berbenah dan selalu membuka diri untuk perbaikan, melalui ajang perlombaan kami bisa melihat kekuatan dan kelemahan kami. Sisi mana yang akan kami pertahankan sebagai kekuatan dan mana yang masih perlu kami perbaiki dan tingkatkan. Bagi santri kami yang juara, pertahankan prestasimu. Bagi santri kami yang belum berkesempatan juara, teruslah belajar, perbaiki dan tingkatkan cara belajarmu” tambahnya dengan semangat.

Kemudian Mustafa Kamal yang biasa dipanggil Mak Etek oleh santri dan juga selaku pendamping peserta lomba ikut terharu dan bahagia. Dengan kesibukan waktunya untuk kerja, beliau selalu menyempatkan waktunya untuk membantu pesantren dan santri. Menjadi kebahagiaan tersendiri baginya selalu dekat dengan santri. “Alhamdulillah beberapa santri kita mendapat juara buya” sebutnyadengan suara yang bahagia, ketika beliau mengambarkan lewat telepon kepada pimpinan pesantren pada saat pengumuman bahwa beberapa santri Bustanul Yaqin meraih juara.

Pimpinan Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Dr. H Zainal Tk Mudo, M. Ag memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada guru dan pembimbing, yang telah melatih dan mendidik santrinya dengan ikhlas. ”Yang hebat adalah majelis gurunya, terimakasih untuk semua guru Pondok Pesantren Bustanul Yaqin yang telah memberikan bimbingan dan didikan untuk mereka, semoga semua mutiara yang belum terasah mulai bangkit, selamat untuk duta PPBY yang sudah mengukir prestasi di tingkat sumbar, tingkatkan,” sebut Zainal melalui kiriman singkatnya lewat WA.

Lebih lanjut Buya Zainal menyebutkan bahwa Pondok Pesanren Bustanul Yaqin akan terus berbenah dan melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan pendidikan untuk santri, untuk melahirkan generasi berprestasi, karena motto Pesantren Bustanul yaqin adalah mendidik sepenuh waktu dengan ketauladanan. Guru di Bustanul yaqin secara total mewakafkan waktu dan pikiran untuk memberikan yang terbaik. Bustanul Yaqin akan menjadi wadah bagi generasi muda yang optimis dan belajar dengan penuh keyakinan melalui proses pendidikan.

Pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Tk Tata Handika bahwa guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan di pondok,sepandai apapun seorang santri,peran guru tetap sangat penting sebagai pendidik dan pembimbing. (r/02)  

 



Targetkan APE, Dinsos P3A Padang Pariaman Terbitkan Buku Profil Gender
  • Targetkan APE, Dinsos P3A Padang Pariaman Terbitkan Buku Profil Gender

    Selasa, | 06:43:21 | 39 Kali


  • Bupati Temui Asman Abnur, Pastikan Kelanjutan Pembangunan Embarkasi Haji
  • Bupati Temui Asman Abnur, Pastikan Kelanjutan Pembangunan Embarkasi Haji

    Selasa, | 06:26:56 | 24 Kali


  • Mahasiswa Teknik Eletronik UNP Diklat dan Baksos di Sungai Sariak
  • Mahasiswa Teknik Eletronik UNP Diklat dan Baksos di Sungai Sariak

    Senin, | 07:24:59 | 63 Kali


  • VII Koto Lamo Tetapkan 4 nama Bakal Diusung Jadi Cabup Padang Pariaman 2020-2025
  • VII Koto Lamo Tetapkan 4 nama Bakal Diusung Jadi Cabup Padang Pariaman 2020-2025

    Minggu, | 08:18:15 | 373 Kali


  • GP3M dan Gebyar PAUD Padang Pariaman 2019 Berlangsung Meriah
  • GP3M dan Gebyar PAUD Padang Pariaman 2019 Berlangsung Meriah

    Jumat, | 18:10:05 | 53 Kali