Rabiatul: Makin Tinggi Minat Santri/Pelajar Sumbar Bergabung Dengan IPPNU

Kamis, 01 Apr 2021 | 19:53:00 WIB, Dilihat 471 Kali

Oleh ari

Rabiatul: Makin Tinggi Minat Santri/Pelajar Sumbar Bergabung Dengan IPPNU

Sitinjausumbar.com – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PW IPPNU) Provinsi Sumatera Barat terus menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat. Penyelenggaraan Makesta selain memperkuat jaringan organisasi IPPNU, juga membentengi santri dan pelajar dari paham radikal yang dapat merongrong nilai-nilai kebangsaan.

Demikian diungkapkan Ketua PW IPPNU Sumatera Barat Rabiatul Adawiyah, Kamis (1/4/2021) dihadapan peserta Makesta IPPNU yang diadakan PC IPPNU Kabupaten Padang Pariaman di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Aswaja, Padang Nonang Korong Cimpur Pasa Durian Nagari Lareh Nan Panjang  Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Makesta yang dibuka Ketua Yayasan Pesantren Nurul Yaqin Aswaja Aswir Tuanku Sidi Ibrahim.

Menurut Rabiatul, dengan diselenggarakannya Makesta di berbagai kabupaten/kota tersebut menunjukkan makin tingginya minat santri/pelajar di Sumatera Barat untuk bergabung dengan IPPNU. Sebelum Makesta di sini, sudah dilaksanakan pula beberapa waktu lalu Makesta di Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang, Kabupaten Pasaman. Minggu depan juga dilaksanakan di Kota Pariaman, Kabupaten Pasaman.

“Di Kabupaten Padang  Pariaman sendiri juga sudah dilaksanakan beberapa kali, yakni di sektretariat UPZ Nagari Sintuak dan Pesantren Bustanul Yaqin Punggung Kasiak Lubuk Alung. Bahkan di Nagari Sintuak sudah minta juga diadakan Makesta lagi. Ini menunjukkan makin tingginya minat  santri/pelajar  bergabung ke IPPNU,” kata Rabiatul, alumni Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan  Pakandangan Padang Pariaman ini.

Dikatakan Rabiatul, kader yang sudah dilahirkan dari Makesta tersebut selanjutnya diberikan kesempatan mengikuti Latihan Kader Muda (Lakmud)  IPPNU. Sehingga pemahaman dan militansi organisasinya di lingkungan NU semakin kuat dan mantap.

Ketua PC IPPNU Padang Pariaman Zakiyah Drajat menyebutkan, peserta yang berjumlah sekitar 30-an tersebut berasal dari santri Pesantren Nurul Yaqin Aswaja dan pelajar di sekitarnya. “Sedangkan pemateri yang tampil antara lain Ketua PCNU Padang Pariaman Zainal Tuanku Mudo, Ketua PW IPPNU Sumbar Rabiatul Adawiyah dan Wakil Sekretaris PWNU Sumbar Armaidi Tanjung,

Ketua PCNU Zainal Tuanku Mudo menyebutkan, beruntung adik-adik yang masih berstatus santri/pelajar  sudah mampu bergabung dengan wadah organisasi pelajar berskala nasional ini. IPPNU akan membekali santri/pelajar dengan pemahaman kebangsaan dan keislaman. “Sehingga kader IPPNU mampu menjadi pelajar yang akan selalu mencintai tanah airnya yang berideologikan Pancasila,” kata Zainal mantan Ketua PW IPNU Provinsi Sumatera Barat ini. (02)