NU Sumbar: Perlu Dikembangkan Pendidikan Berbasis Nagari

Sabtu, 06 Mar 2021 | 14:21:53 WIB, Dilihat 314 Kali

Oleh ari

NU Sumbar: Perlu Dikembangkan Pendidikan Berbasis Nagari

Baca Juga : Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani


Sitinjausumbar.com – Rendahnya partisipasi tamatan sekolah menengah di Kabupaten Pasaman yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi harus mendapat perhatian semua pihak. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan pendidikan berbasis nagari.

Demikian diungkapkan Ketua PWNU Sumatera Barat Prof. Ganefri, Ph.D ketika memberikan sambutan pada pelantikan PCNU Kabupaten Pasaman masa khidmat 2020-2025, Sabtu (6/3/2021) di aula lantai III Kantor Bupati Pasaman, Lubuk Sikaping. Pelantikan PCNU Kabupaten Pasaman  dihadiri Bupati Pasaman Benny Utama, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Sekretaris PWNU Sumbar Suleman Tanjung, Forkompida, dan undangan lainnya.

Menurut Ganefri,  harus diakui, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pasaman masih berada di bawah rata-rata. Hal ini disebabkan masih rendahnya partisipasi warga di bidang pendidikan. Karena itu, harus didorong dan dongkrak peningkatan partisipasi tamatan sekolah menengah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

“Dengan pendidikan berbasis nagari, maka harus melibatkan ninik mamak, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan walinagari untuk terus memantau anak-anak jangan sampai putus sekolah. Jangan biarkan anak-anak putus sekolah sehingga tidak melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang pendidikan,” tutur Ganefri yang juga Rektor UNP ini.

Dikatakan Ganefri, anak-anak tersebut tentu berada di masing-masing nagari atau desa. Sehingga tokoh-tokoh masyarakat yang berada di lingkungan anak tersebut bisa memantau dan memfasilitasi kepada pihak terkait sehingga anak tidak sampai putus sekolah. Jika terkait dengan pembiayaan, saat ini peluang mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi semakin terbuka.

“PCNU Pasaman juga harus menunjukkan kontribusinya dalam mendorong pendidikan berbasis nagari ini. Karena salah satu tugas PCNU tersebut adalah membantu mengatasi masalah umat, termasuk rendahnya partisipasi pendidikan di daerahnya,” kata Ganefri. (02)

 



Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani
  • Wawako: Penyuluh Pertanian Harus Dekat dengan Petani

    , | 06:14:34 | 306 Kali