Merupakan Pilot Project, Kelurahan NDB Dikukuhkan Sebagai Kelurahan Bersinar

Rabu, 02 Des 2020 | 09:21:37 WIB, Dilihat 1131 Kali

Oleh ari

Merupakan Pilot Project, Kelurahan NDB Dikukuhkan Sebagai Kelurahan Bersinar

Baca Juga : 3 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berhasil Masuk Seleksi GSI Timnas Pelajar U-15


Sitinjausumbar.com— Dengan mengusung tagline “#hidup100persen sadar, sehat, produktif dan bahagia”, Pemerintah kota Payakumbuh bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Payakumbuh gelar deklarasi Kelurahan Bersinar (bersih narkoba) bagi kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) Selasa (1/12/2020) di aula Ngalau lantai 3 Balaikota baru ex. Poliko.

Deklarasi perdana serta merupakan pilot project dari Pemko Payakumbuh maupun BNN kota Payakumbuh ini bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat kelurahan sehingga masyarakat bersih dari penyalahgunaan narkoba”, ungkap Wakil Walikota Erwin Yunaz saat memberikan arahan pada pembukaan deklarasi tersebut.

Sebanyak 25 orang dikukuhkan sebagai pengurus pada program kelurahan bersih narkoba di kelurahan NDB kecamatan Payakumbuh Barat. Dan deklarasi pencanangan kelurahan Nunang daya bangun bersih narkoba tersebut turut dihadiri oleh Kepala BNN Provinsi Sumatra Barat, serta jajaran Forkopimda, Camat Payakumbuh Barat, OPD terkait dan tokoh masyarakat kelurahan NDB.

Lebih lanjut, Erwin Yunaz turut menyampaikan jika kota Payakumbuh merupakan kota persinggahan, sehingga hal ini rawan karna membuka untuk menjadi akses pintu masuk bagi penyebaran narkoba di kota Payakumbuh.

Dengan dicanangkan kelurahan Nunang Daya Bangun sebagai kelurahan bersih narkoba, merupakan bukti bahwa Pemko Payakumbuh sangat mendukung pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

“Sehingga nantinya dengan niat dan bergerak secara bersama maka akan dapat menjadikan kota yang aman dan tertib dari narkoba serta tindakan kriminal lainnya bagi seluruh warga kota Payakumbuh”, harap Wawako Erwin Yunaz yang juga merupakan warga kelurahan NDB itu.

Sementara itu lurah NDB Ari Ashari sangat mengapresiasi atas dipilihnya kelurahan NDB sebagai pilot project dalam program kelurahan bersih narkoba.

 

“Alhamdulilah, suatu kebanggaan bagi kami di kelurahan NDB yang ditunjuk sebagai role model dalam pilot project yang bertujuan menciptakan kota Payakumbuh bersih narkoba ini”, ungkap Ari Ashadi dengan bahagianya.

 

Meskipun telah ditunjuknya Kelurahan NDB sebagai kelurahan pertama dalam program Bersinar yang dibentuk Pemko bersama BNN kota Payakumbuh, lurah NDB Ari Ashari tidak ingin hanya dari kelurahan NDB saja yang aktif menjaga kota Payakumbuh agar bersih dari narkoba.

“Mari kita semua warga kota Payakumbuh untuk saling menjaga dengan selalu aktif melaksanakan program P4GN di kota Payakumbuh secara bersama. Sehingga dengan cara ini tentu kota Payakumbuh dapat kita wujudkan menjadi kota yang bebas dari narkoba nantinya”, harap Lurah NDB itu.

Dengan dikukuhkan kelurahan NDB sebagai role model kelurahan bersinar di kota Payakumbuh juga turut mendapat apresiasi dari BNN Provinsi Sumatera Barat. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kusrianto kepala bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNN Provinsi Sumatra Barat saat menghadiri pengukuhan deklarasi kelurahan bersinar kota Payakumbuh.

“Tentu ini suatu prestasi yang sangat baik kedepannya bagi kota Payakumbuh, karna dengan telah dicanangkan 1 kelurahan di kota Paykumbuh sebagai kelurahan bersih narkoba, maka ini sudah menjadi titik terang dalam mewujudkan kota Payakumbuh menjadi kota yang aman, nyaman dan tertib dari narkoba serta kejahatan kriminal lain nantinya”, ucap Kabid pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNNP Sumatra Barat.

Menurut Kusrianto, dalam mewujudkan kelurahan yang bersih narkoba tetap harus membuat komitmen serta meningkatkan soliditas dalam memerangi segala bentuk penyalahgunaan narkoba terkhusus di kelurahan NDB.

Kabid pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNNP Sumatra Barat itu turut berharap nantinya kelurahan NDB dapat mandiri dalam upaya P4GN, sehingga nanti lebih cepat terwujud kelurahan bersinar berikutnya yang pada akhirnya dengan tujuan kota Payakumbuh yang Bersinar (bersih narkoba).(btr)



3 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berhasil Masuk Seleksi GSI Timnas Pelajar U-15
  • 3 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berhasil Masuk Seleksi GSI Timnas Pelajar U-15

    Selasa, | 10:57:00 | 1131 Kali


  • Wako Payakumbuh Ujicoba Lapangan Basket Payakumbuh Bugar Dengan Tim Eksekutif
  • Wako Payakumbuh Ujicoba Lapangan Basket Payakumbuh Bugar Dengan Tim Eksekutif

    Selasa, | 10:55:22 | 1153 Kali


  • Tenun Balai Panjang Dapat Lampu Hijau, Wako Riza Tandatangan Komitmen Dengan Bank Indonesia
  • Tenun Balai Panjang Dapat Lampu Hijau, Wako Riza Tandatangan Komitmen Dengan Bank Indonesia

    Selasa, | 10:52:35 | 1129 Kali


  • Wako Payakumbuh : 1 Desember Lapangan Olahraga Terbuka Payakumbuh Bugar Dipakai
  • Wako Payakumbuh : 1 Desember Lapangan Olahraga Terbuka Payakumbuh Bugar Dipakai

    Senin, | 12:04:17 | 1209 Kali


  • Wawako Bandung Bawa Direktur PT Mutigo Dalam Kunjungan Ke Payakumbuh
  • Wawako Bandung Bawa Direktur PT Mutigo Dalam Kunjungan Ke Payakumbuh

    Senin, | 12:02:10 | 1135 Kali