Harneli Mahyeldi Ansharullah Jabat Ketua Umum LKKS Sumbar

Rabu, 07 Apr 2021 | 21:56:05 WIB, Dilihat 208 Kali

Oleh ari

Harneli Mahyeldi Ansharullah Jabat Ketua Umum LKKS Sumbar

Sitinjausumbar.com—Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumbar menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-7, selama dua hari mulai Selasa malam (6/4) hingga Kamis ini (8/6) di Padang.

Hasil Musda itu, Harneli Mahyeldi Ansharullah terpilih sebagai Ketua Umum LKKS Sumbar untuk periode 2021-2026.

Ketua Umum LKKS Sumbar periode sebelumnya Nevi Irwan Prayitno melalui Ketua Harian LKKS Sumbar Parlagutan Nasution menyampaikan, sesuai AD/ART LKKS Sumbar, Pengurus LKKS Sumbar dipilih melalui Musda untuk masa bakti lima tahun.

“Dengan berakhirnya masa bakti Kepengurusan LKKS Sumbar periode 2016-2021, maka kami selaku pengurus LKKS tersebut, pihaknya menginisiasi penyelenggaraan Musda ke-7 LKKS ini,” katanya.

Hal ini sebagai implementasi AD/ART LKKS Sumbar yang telah disepakati dalam forum Musda sebelumnya. Selain itu untuk memilih Kepengurusan LKKS Sumbar periode 2021-2026.

“Hasil dari rapat pleno pada Musda ke-7 LKKS Sumbar tersebut, Istri Gubernur Sumbar Harneli Mahyeldi Ansharullah terpilih sebagai Ketua Umum LKKS Sumbar periode 2021-2026,” ujar Parlagutan.

Menurutnya, Musda ke-7 LKKS Sumbar ini momentum yang sangat strategis untuk membahas peran dan fungsi LKKS sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan koordinasi penyelenggaraan kesejahteraan sosial berbasis masyarakat.

Selain itu, Musda ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai rumusan kegiatan kongkrit yang aktif dan memberikan manfaat, tidak hanya bagi organisasi tetapi juga untuk kepentingan masyarakat.

“Memperhatikan tantangan tugas yang semakin berat dan harapan masyarakat terhadap LKKS, kami berharap, pengurus periode 2021-2026 dapat menjalankan tugas dan mengimplementasikan program dan kegiatan LKKS Sumbar di masa depan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum LKKS Sumbar terpilih Harneli Mahyeldi Ansharullah mengatakan, ada tiga fokus strategis yang akan dilakukan dalam mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Sumbar.

Ketiga fokus strategis itu, meningkatkan peran dan kolaborasi lembaga-lembaga kesejahteraan sosial dan dunia usaha, dalam penanganan permasalahan sosial.

“Lalu, mengurangi jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial atau pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS),” sebut Harneli yang juga mejabat sebagai Ketua TP-PKK Sumbar.

Selain itu, meningkatkan kemampuan dan mengembangkan jaringan kerja atau networking lembaga kesejahteraan sosial masyarakat dalam kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Adapun pelaksanaan program, dan berbagai kegiatan koordinasi, pembinaan, serta pengembangan kegiatan pembinaan kesejahteraan sosial terhadap lembaga kesejahteraan tersebut dikemas dalam hubungan fungsional koordinatif.

Ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan kesejahteraan sosial terus meningkat. Oleh karena itu, LKKS Sumbar akan memainkan peran berkolaborasi dan mengkoordinasikan kesejahteraan sosial berbasis masyarakat.

“Pemerintah masih mengalami keterbatasan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Untuk itu, peran LKKS Sumbar masih diharapkan dalam membantu pemerintah menangani permasalahan kesejahteraan sosial,” ungkap Harneli. (i/zul)