Dr.H.Irfianda Abidin, Caleg PBB DPR RI Optimis Menuju Senayan

Kamis, 21 Feb 2019 | 13:08:17 WIB, Dilihat 687 Kali

Oleh ari

Dr.H.Irfianda Abidin, Caleg PBB DPR RI Optimis Menuju Senayan Irfianda Abidin

Baca Juga : Bentuk Forum Anak Desa, DP3AKB Pariaman Adakan Capasity Buliding


Seiring dengan bertambahnya partai peserta pemilihan umum pada tahun 2019 ini, maka makin banyak pula orang non partai menjadi calon anggota legislatif (caleg). Baik untuk tingkat kabupaten/kota, propinsi maupun nasional. Mereka tidak saja dari kalangan struktur partai politik, namun di luar struktur partai politik pun banyak yang mencaleg.

Adalah Dr.H.Irfianda Abidin, seorang pengusaha di Padang maju menjadi caleg DPR RI daerah pemilihan Sumbar 1 (meliputi Kota Padang, Solok, Sawahlunto, Padangpanjang, Kabupaten Pesisir Selatan, Mentawai, Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Dhamasraya). Irfianda berlayar dengan Partai Bulan Bintang (PBB) di nomor urut teratas, No. 1. “Ini sebuah perjuangan jihad melalui parlemen. Kita ingin berbuat lebih banyak untuk kepentingan umat, ya melalui parlemen,” kata Irfianda kepada Sitinjausumbar.com, Selasa (19/2) di kediamannya, Jalan Belitung No. 8 kawasan Wisma Warta Ulak Karang, Padang.

Menurut Irfianda, kalau ingin masuk ke parlemen, kendaraannya adalah partai politik. Partai politik sendiri adalah milik banyak orang. Kalau kita ingin meraih kekuasaan di Negara Indonesia ini harus masuk sistem parlemen melalui Pemilu sekali lima tahun. Hal ini sesuai dengan seruan ulama 212 yang merekomendasi untuk masuk parlemen.

Dari pertemuan 1.000 ulama di Tasikmalaya Desember 2018 lalu memang diserukan  jadi caleg agar bisa masuk parlemen. Dari rekomendasi dan sarannya, dipersilakan masuk ke Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra dan Partai Berkarya. Ternyata alumni 212 tersebut dominan masuk ke PBB. “Ada sekitar 400 orang alumni 212 yang menjadi caleg di PBB. Baik tingkat kabupaten/kota, propinsi maupun DPR RI. Mereka semua partisipan, bukan dari struktur pengurus PBB,” tutur Irfianda.

Di Sumbar sendiri, kata Irfianda, yang maju sebagai Caleg DPR RI ada 4 orang. Masing-masing Dapil Sumbar 1 dirinya Irfianda Abidin dan Fitrison, SH. Dapil Sumbar 2 Jel Fatullah (Jelita Donal) dan Hj. Hamidah Yacob. Tingkat Propinsi Sumbar, juga ada 4 orang. Masing-masing Budiman (Padang), Abdul Hafiz (Kabupaten Solok), Maswar Mas’ud (Solok Selatan) dan Ibnu Aqil D. Ghani (50 Kota). Sedangkan di tingkat kabupaten/kota ada lebih dari 10 orang.

Dari lima partai yang direkomendasi, memang dominan di PBB. Alasannya, di PKS sendiri lebih mengutamakan kadernya menjadi caleg. Gerindra mengutamakan kader di strukturnya. Di PAN sendiri juga sedikit alumni 212 yang mencaleg. Apalagi misi PBB bisa sejalan dengan alumni 212. “Kita mentargetkan bisa membentuk fraksi nantinya di parlemen. Baik di tingkat kabupaten/kota, propinsi maupun DPR RI. Bahkan di Padang ditargetkan bisa menjadi pimpinan di DPRD Kota Padang. Sebanyak 150.000 suara bisa diraih di Kota Padang,” tutur Irfianda optimis.

Irfianda sendiri kelahiran Padang 8 Februari 1958. Menempuh pendidikan  SMP dan SMA di Jakarta. Lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang Februari 1985. Enam bulan kuliah, Irfianda sudah terjun ke bisnis.  Selain membantu orangtuanya di toko tekstil di Padang, Irfianda membuka peluang bisnis sendiri. Awalnya memborong pembuatan jaket-jaket mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Padang. Bisnisnya terus berkembangan sejalan dengan adanya peluang bisnis baru yang dijalaninya.

Irfianda meraih gelar MBA tahun 2001 pada Jakarta Institute Manajemen Studi dan doktor dibidang manajemen perusahaan pada Institute Pengembangan Wirausahawan Indonesia (IPWI) tahun 2004. Pendidikan kelas jauh yang berlangsung di hotel Bumi Minang, Padang. Bisnis Irfianda terus berkembang. Kini bisnisnya meliputi hotel di beberapa lokasi di Padang, SPBU, bimbingan belajar Nurul Fikri dan SPBU untuk kapal nelayan.

Irfianda aktif sebagai Ketua HIPMI sumbar (1998-2001), Ketua ARDIN Sumbar (1997-2003), Ketua KADIN bidang Pengadaan Barang dan Jasa (1999-2004), Ketua Asosiasi  Penguasaha Komputer Indonesia (1997-2004), Ketua Majelis Tinggi Kerapatan Adat Minangkabau (MTKAM) Sumbar 2006-2019), Ketua Ahhul hally wak aqdh (Dewan Syuro) Majelis Mujahidin Pusat (2010-2019), Ketua Umum Komite Penegak Syariat Islam  (KSPI) Pusat di Padang (2007-2019) yang diresmikan Abu Bakar Ba’asyir pada 31 Juli 2007 di Padang. Ketua Forum  Masyarakat Minang (FMM) yang memberangkatkan rombongan Sumbar ke 212 tahun 2016 (2016-2019). Selain itu, Irfianda tokoh penolakan Siloam di Padang.

Dengan strategi dan turun langsung ke masyarakat, Irfianda optimis mampu meraih kemenangan dan mengantarkannya ke Senayan Jakarta sebagai Anggota DPR RI. ”Insya Allah kita bisa meraih kemenangan,” tutur Irfianda optimis. (arta).



Bentuk Forum Anak Desa, DP3AKB Pariaman Adakan Capasity Buliding
  • Bentuk Forum Anak Desa, DP3AKB Pariaman Adakan Capasity Buliding

    Kamis, | 10:53:25 | 2463 Kali


  • Aqilatul Munawaroh Kembali Pimpin GOW Brebes
  • Aqilatul Munawaroh Kembali Pimpin GOW Brebes

    Kamis, | 10:46:26 | 286 Kali


  • Wako Pariaman: Media Penting Sebagai Akuntabilitas Publik
  • Wako Pariaman: Media Penting Sebagai Akuntabilitas Publik

    Kamis, | 10:42:06 | 235 Kali


  • SAKIP,  Pemkab Brebes Raih Predikat B
  • SAKIP,  Pemkab Brebes Raih Predikat B

    Kamis, | 10:35:28 | 0 Kali


  • UIN Walisongo Deklarasikan Sebagai Kampus Riset Asia
  • UIN Walisongo Deklarasikan Sebagai Kampus Riset Asia

    Kamis, | 10:30:02 | 347 Kali