Dinkes Padang Pariaman: Tingkatkan Kualitas Sanitasi Lingkungan Pesantren

Jumat, 05 Mar 2021 | 07:02:26 WIB, Dilihat 313 Kali

Oleh ari

Dinkes Padang Pariaman: Tingkatkan Kualitas Sanitasi Lingkungan Pesantren

Sitinjausumbar.com - Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman  Drs.H.Yutiardy Rivai.Apt menyebutkan, pondok pesantren Nurul Yaqin Al Ghazali Anduring Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu pondok pesantren yang mendapat bantuan stimulum dari Kemenkes RI sebanyak  Rp 100 juta.  Bantuan ini agar dapat digunakan sesuai petunjuk dari Kemenkes RI yaitu perbaikan dapur santri, pembuatan tempat cuci tangan pakai sabun dan tempat pembuangan sampah sementara.

Hal itu diungkapkan Yutiardi Rivai ketika mengunjung pondok pesantren Nurul Yaqin Al Ghazali Anduring, Kamis (3/3). Yutiardy bersama Kabid Kesmas Hj.Nurhayati.S.SIT.,MARS,  Kepala Puskesmas Anduring,  dalam rangka peningkatan kualitas sanitasi di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Al Ghazali Anduring.

Yutiardy berharap dengan adanya bantuan yang bersifat stimulum ini pihak yayasan atau pengurus dapat secepatnya memenuhi semua persyaratan untuk pencairan dana tahap pertama ini.

Kabis kesmas Hj.Nurhayati.S.SiT.MARS menambahkan karena masih dalam suasana pandemi covid 19 untuk berharap kepada pengurus dan santri agar tetap menerapkan prokes dilingkungan pesantren. Karena virus covid masih mengintai maka jangan lengah. Mari kita putus mata rantai penularan covid 19 dan semoga wabah ini cepat  berlalu dari kita.

Pimpinan Pondook Pesantren Nurul Yaqin Al Ghazali Anduring Luki Permansyah, Tk Bagindo, S.PdI, M.Pd yang menerima rombongan Dinas Kesehatan Padang Pariaman menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan. “Kami berupaya apa yang menjadi harapan Dinas Kesehatan tersebut sehingga bantuan tersebut memang sangat bermanfaat bagi pesantren ini,” kata Luki mantan Sekretaris PW Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Propinsi Sumatera Barat ini. (02)