Padang Pariaman Darurat HIV-AIDS, 36 Kasus Ditemukan Januari – Agustus 2018

By ari 12 Sep 2018, 15:43:56 WIBKesehatan

Padang Pariaman Darurat HIV-AIDS, 36 Kasus Ditemukan Januari – Agustus 2018

Keterangan Gambar :


Pariaman, Sitinjaus umbar.com - Peningkatan kasus penderita HIV-AIDS terus mengkuatirkan Padang Pariaman. Tempo dua bulan saja, Juni- Agustus 2018 ditemukan 16 kasus HIV-AIDS. Pada Januari – Juni 2018 ditemukan 20 kasus HIV-AIDS. Sehingga Januari – Agustus 2018 sudah ditemukan 36 kasus HIV-AIDS.  Kondisi ini ibarat Padang Pariaman sudah darurat HIV, rangking ketiga di Sumbar.

 

Demikian terungkap dari pertemuan  Capacity Building of Civil Society Organitation (CSO) 3-4 Management Programmatic & Volunteerism  bersama SSR TBC-HIV Care Aisyiyah Padang Pariaman, Rabu (12/9/2018) di kawasan By Pass, Pariaman. Pertemuan yang berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat  (12-14/9/2018).

 

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Padang Pariaman Deby Afrina,SKM  menyebutkan, dari 20 kasus HIV, 19 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Perilaku seksnya, 15 orang laki-laki suka laki-laki (homoseks), 4 seks bebas dan 1 dari pasangannya sendiri. “Dari sisi umur 15-19 tahun 1 orang, 20-24 tahun 2 orang dan 25-49 tahun 17 orang,” kata Deby.

 

Terkait gerakan nikah sehat Padang Pariaman (Gernis Papa), kata Deby, sampai Juni 2018 sudah dilakukan skrining 458 orang calon pengantin (catin) di 10 puskemas. Sedangkan 15 puskesmas lainnya masih belum melaksanakan skrining. Ternyata, 1 orang positif catin laki-laki terkena HIV. Pasangan yang dijodohkan tersebut, akhirnya batal menikah. Catin laki-laki tersebut ternyata seorang perantau, kata Deby. 

 

“Walaupun sudah ada MoU Dinas Kesehatan dengan Kemenag dalam pelaksanaan Gernis Papa ini, sebelum nikah dilakukan skrining, tapi pelaksanaan di lapangan masih belum maksimal. Perlu peran aktif Kepala KUA dan Puskesmas. Dari 25 Puskesmas, hanya Puskesmas Pauh kambar, Enam Lingkung, Lubuk Alung dan Batu Basa yang melibatkan peran ninik mamak dalam berbagai kegiatannya,”  kata Deby.  

 

Dibagian lain Deby menyebutkan, penduduk Padang Pariaman 413.272 jiwa (data 2018) dengan target yang diduga sampel penderita TBC 9.300 dan target pasien TBC 930 orang. Bersyukur adanya keterlibatan Aisyiah dalam penanggulangan penyakit TBC ini. Dinas Kesehatan memiliki anggaran yang sangat terbatas. Bayangkan, 12 penyakit menular anggaran cuma Rp 95 juta. Termasuk di dalamnya penyakit menular TBC Rp 11.550.000 dan HIV-AIDS Rp 28.150.000.  Total dana BOK dan HIV RP 38.775.000. Walaupun diusulkan Rp 200 juta, tapi hasilnya tak berubah.

 

Seluruh penderita TBC diskrining dengan HIV sejak dua tahun lalu. Yang dikuatirkan juga TBC di kalangan anak-anak. Semua anak-anak usia dibawah lima tahun yang kontak dengan penderita TBC sudah diantisipasi dengan obat, sehingga tidak menular kepada yang lain, kata Deby menambahkan.

 

Menurut Koordinator Program SSR TBC-HIV Care Aisyiyah Padang Pariaman Dasril, dalam mewujudkan zero penderita penyakit TBC di Padang Pariaman, sangat dibutuhkan keterlibatan semua pihak. Ke depan kita akan melibatkan stakeholder kecamatan, memaksimalkan keterlibatan Pengurus Cabang Muhammadiyah-PC Aisyiyah, melibatkan forum Bamus dan Walinagari.

Sekretaris Forum Kabupaten Sehat (FKS) Padang Pariaman Armaidi Tanjung menambahkan, tingginya temuan kasus HIV-AIDS di Padang Pariaman sangat dibutuhkan kepedulian semua pihak. Baik pemerintah, tokoh masyarakat maupun orangtua. “Jangan biarkan keluarga kita terkena HIV-AIDS. Pergaulan anak dan remaja harus jadi perhatian serius orangtua sehingga jangan sampai terjerumus pada perilaku tidak sehat tersebut,” tutur Armaidi Tanjung. (02)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. play mafia online 13 Sep 2018, 16:59:31 WIB

    Mafia City: Everything We Know About the New Vault (and How I Feel About It)

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota Pariaman 2018-2023 Favorit Anda?
  Dewi Fitri Deswati - Pabrisal
  Mahyuddin - Muhammad Ridwan
  Genius Umar - Mardison Mahyuddin

Komentar Terakhir

  • chase auto loans

    auto loans online <a href="https://autoloan2019.com/">auto loan ...

    View Article
  • Jimplemn

    [url=https://ventolin90.com/]ventolin generic[/url] [url=https://lasix40.com/]buy lasix ...

    View Article
  • Aaronpeemy

    [url=http://furosemide20mgtab.us.org/]furosemide[/url] ...

    View Article
  • JamesDex

    http://www.dickandjanerocks.com/info.php?a[ - ...

    View Article