MTs Negeri 1 Brebes Siapkan 2 Ton Zakat Fitrah

By ari 12 Jun 2018, 16:33:53 WIBDunia Islam

MTs Negeri 1 Brebes Siapkan 2 Ton Zakat Fitrah

Keterangan Gambar :


Brebes, Sitinjausumbar.com - MTs Negeri 1 Brebes di Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah menyiapkan 2 ton beras untuk didistribusikan sebagai zakat fitrah bagi warga fakir miskin di sekitar sekolah. Beras zakat tersebut akan ditasyorufkan (didistribusikan) pada malam Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Alhamdulillah, para siswa, guru, TU, remojong mengumpulkan zakat hingga terkumpul 2 ton beras zakat," ungkap Kepala MTs Negeri 1 Brebes H Maspau, saat dihubungi Sitinjausumbar.com, Senin (11/6).

Madrasah yang terletak di jalan Jendral Ahmad Yani nomor 135 Ketanggungan Brebes itu mentradisikan  pengumpulan zakat fitrah dari warga sekolah setiap tahun. Hal ini dipandang efektif dalam upaya merekatkan institusi pendidikan islam tersebut dengan masyarakat sekitar. Disamping itu, sebagai pembelajaran praktek siswa akan arti pentingnya berzakat dan menolong kepada sesama manusia.

Maspau menerangkan, beras 2 ton itu berasal dari peserta didik sejumlah 1.165 siswa, kepala madrasah, guru, dan karyawan. “Hanya 86 siswa yang tidak bayar zakat melalui madrasah karena tergolong miskin,” ungkapnya.

Pengumpulan zakat tahun ini melampoi target karena hanya menargetkan 1 ton, ternyata bisa mencapai 2 ton. Selain kepada warga sekitar, beras tersebut juga diberikan kepada SD/MI yang menjadi binaan MTs Negeri 1 Brebes, dengan sisten pemberian kupon.

“Warga penerima zakat, tinggal menukarkan kupon pada malam hari raya,” tuturnya.

Selain penerimaan dan pendistribusian zakat, lanjut Maspau, madrasah favorit diwilayah tengah Kabupaten Brebes ini juga telah menyelenggarakan pesantren Ramadhan pada 4-6 Juni lalu. Juga buka puasa dan taraweh bersama serta tadarus Al Quran.

Dalam pesantren tersebut para santri antara lain diberikan materi dasar dasar beribadah, tayamum, wudlu, doa harian, doa sholat wajib, tadarus, sholat duha.

“Juga dilakukan kajian kitab kuning yakni kitab safinatunnajah dan ahlakul banin,” paparnya.

Tadarus telah mengkhatamkan 30 juz dan para siswa yang berhasil khatam, diajak buka puasa bersama sekaligus Khotmil Quran.

Madrasah peraih penghargaan The Most Favorite Islamic School Of The Year (Sekolah Islam Favorit) dari Lembaga Indonesian Achievment Centre ini menjadi sekolah rujukan di wilayah Brebes bagian tengah. Berbagai prestasi telah baik itu di tingkat nasional maupun regional sehingga menjadi inspirasi dan informasi yang berkualitas bagi sekolah imbas di sekitarnya.

Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi siswa agar menjadi siswa yang cerdas, terampil, inovatif juga berakhlak. Madrasah ini juga memiliki kelas unggulan untuk mencetak siswa mampu bersaing di tingkat lanjutan dan masuk SMA unggulan.

“Kelas unggulan menggunakan ruang ber AC, karena proses belajarnya sampai sore,” pungkasnya, (wasdiun)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota Pariaman 2018-2023 Favorit Anda?
  Dewi Fitri Deswati - Pabrisal
  Mahyuddin - Muhammad Ridwan
  Genius Umar - Mardison Mahyuddin

Komentar Terakhir

  • Aaronpeemy

    [url=http://valtrexbest.us.com/]Valtrex[/url] [url=http://effexorxr.us.org/]view website[/url] ...

    View Article
  • Jackplemn

    [url=https://lasix40.com/]lasix without a prescription[/url] ...

    View Article
  • Charlesmum

    what is the cheapest auto insurance state auto insurance company ...

    View Article
  • JamesDex

    http://nsreg.com/?a[ - =<a%20href=http://sildenafil2018.icu>sildenafil%20ci ...

    View Article