Menkes RI Luncurkan  PSC 119 Papa Tangkas Gada

By Armaidi 06 Mei 2018, 13:35:55 WIBKesehatan

Menkes RI Luncurkan  PSC 119 Papa Tangkas Gada

Keterangan Gambar :


Padang Pariaman, Sitinjausumbar.com__Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. Nila Djuwita F. Moeloek mengatakan sudah ada  160 kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki program Public Service Center (PSC) 119. Pada awal peluncuran program ini hanya 27 daerah.  Itu pun didominasi di pulau Jawa. Sekarang sudah menyebar ke daerah lainnya di Indonesia.

 

Demikian diungkapkan Menkes  RI, Prof. Dr. Nila Djuwita F. Moeloek pada peluncuran PSC 119 Padangpariaman Tanggap Kasus Gawat Darurat (Papa Tangkas Gada) di Parit Malintang, Sabtu (4/5/2018).

 

Dikatakan Nila Djuwita, program tersebut bertujuan untuk menciptakan tindakan cepat dalam penanggulangan korban kecelakaan serta penyakit lain yang dapat mengancam nyawa pasien. Pelayanan pada program tersebut, kata dia, tidak saja untuk membawa pasien ke rumah sakit namun juga dapat sebagai pusat informasi lokasi rumah sakit yang memiliki ruang rawat intensif di antaranya ICU, NICU, dan PICU yang kosong.

 

“Perkembangan teknologi yang semakin cepat, apalagi seluruh kabupaten dan kota di Indonesia telah menerapkan PSC 119 tersebut. Oleh karena itu saya berharap seluruh kabupaten dan kota segera membentuk PSC 119,” katanya.

 

Nila Djuwita menekankan agar mobil ambulans yang digunakan untuk PSC 119 berbeda dengan mobil ambulans operasional Puskesmas dan RSUD. Karena dikhawatirkan akan mengganggu kinerja program tersebut dan pelayanan kesehatan di daerah itu.

 

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, menyebutkan, pihaknya tidak akan membedakan siapa yang menggunakan pelayanan PSC 119, baik dari Padangpariaman maupun warga di luar Padang Pariaman.

 

“Sepanjang lokasinya berada di Padangpariaman maka itu adalah tangungjawab kami,” kata Ali Mukhni.

 

Pada saat pihaknya mendapat informasi ada yang membutuhkan pertolongan medis segera maka petugas PSC 119 berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit yang ruangan ICU-nya masih kosong, lalu membawa pasien ke rumah sakit tersebut.

 

“Bahkan kami mengalokasikan anggaran untuk menjalankan program ini. Masyarakat dapat menghubungi nomor 119  melalui telepon seluler.  Program tersebut telah beroperasi semenjak Januari lalu di Padangpariaman,” kata Ali Mukhni. (*)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota Pariaman 2018-2023 Favorit Anda?
  Dewi Fitri Deswati - Pabrisal
  Mahyuddin - Muhammad Ridwan
  Genius Umar - Mardison Mahyuddin

Komentar Terakhir

  • BennyVog

    wh0cd42819 <a href=http://valtrex18.us.org/>valtrex tablets</a> ...

    View Article
  • Aaronpeemy

    wh0cd42819 <a href=http://prednisolone18.us.com/>prednisolone</a&g t; ...

    View Article
  • Aaronpeemy

    wh0cd42819 <a href=http://buy-albuterol.us.com/>albuterol</a> ...

    View Article
  • Charlesplemn

    wh0cd4205 <a href=http://propeciabestprice.us.com/>propecia</a> ; <a ...

    View Article