Hari Ini Ismail, Besok Wartawan Lainnya
Oleh: Rico Adi Utama *)

By Armaidi 19 Apr 2018, 11:22:52 WIBOpini

Hari Ini Ismail, Besok Wartawan Lainnya

Keterangan Gambar : Ismail Novendra, Pemimpin Pemimpin Umum/ Penanggung Jawab Koran JeJak News


Hari ini Pers kembali terancam, Rabu (18/4/2018); Pers kembali akan dikriminalisasi, apakah Insan Pers akan berdiam diri? Dan hanya menjadi penonton terhadap nasib saudara se-profesinya sendiri?

Ismail Novendra, Pemimpin Pemimpin Umum/ Penanggung Jawab Koran JeJak News dijerat dengan Pasal Karet (Pencemaran Nama Baik dan Penghinaan), yakni Pasal 310 & 311 KUHP, terhadap pemberitaannya. Hari ini dirinya disidang di Pengadilan Negeri Padang terkait tuduhan tersebut.

Sementara, berdasarkan tuduhan itu pula, Ismail Novendra sudah mendapatkan Surat Pendapat dan Saran Dewan Pers, Nomor: 55/DP/K/X/2017 yang berbunyi:

  1. Koran JeJak News yang diterbitkan oleh PT. Jejak Media Group, sudah berbadan hukum dan memenuhi syarat Perusahaan Pers sebagaimana UU No. 4 Tahun 1999 tentang Pers dan Surat Peraturan Dewan Pers Nomor : 4/Peraturan-DP/III/2008 tentang Standar Perusahaan Pers.
  1. Kasus yang dituduhkan kepada Ismail Novendra, karena medianya memberitakan sebuah permainan proyek di Sumatera Barat, merupakan ‘sangketa pemberitaan Pers’, dengan merujuk Nota Kesepahaman antara Dewan Pers – Kepolisian Republik Indonesia Nomor: 01/DP/MoU/II/2012 dan No: B/15/II/2017 tentang Koordinasi Dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan.
  1. Pemberitaan JeJak News, bisa diselesaikan dengan Hak Koreksi dan Hak Jawab. (Seharusnya dua hak itu tidak dipakai oleh Afrizal, Direktur Operasional PT. BMA, selaku Nara Sumber yang diberitakan. Bukan malah mempidanakannya).
  1. Dewan Pers tetap menganjurkan Ismail Novendra memenuhi panggilan penyidik selaku Penanggungjawab Media, sebagaimana Hukum Pertanggungjawaban Air Terjun (waterfall responsibility) pada media.

Namun terkesan aneh, Penyidik Polda Sumatera Barat selalu mengarahkan Ismail Novendra kepada Pasal 310 dan 311, apakah Surat Saran dan Pendapat Dewan Pers Nomor: 55/DP/K/X/2017 dan MoU antara Dewan Pers – Kepolisian Republik Indonesia Nomor: 01/DP/MoU/II/2012 dan No: B/15/II/2017, tidak mampu menjadi pertimbangan penyidik untuk meluruskan terlebih dahulu antara JeJak News dan Afrizal, yang mana hal tersebut termasuk dalam ‘sangketa pemberitaan Pers’?

Hari ini, Ismail Novendra di Sidang oleh Pengadilan Negeri Padang, tentunya kita menghormati proses hukum dan peradilan di Indonesia. Tetapi, jika hal tersebut terus terjadi di negeri yang kita cintai ini, Jurnalis yang sejatinya dilindungi oleh UU Pokok Pers: No. 40 Tahun 1999 Pers, hanya akan menjadi ‘macan ompong’ dan akan terancam selalu dikriminalisasi oleh pasal karet itu?

Hari ini, Ismail Novendra? Besok bisa saja Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan/ atau Penanggung Jawab serta Wartawan yang ada di Indonesia lainnya. Apakah para Insan Pers akan tetap berdiam diri.

Pertanyaan demi pertanyaan, seharusnya sudah menjadi diskusi hangat ditengah kurenah Kerjurnalistikan di Indonesia. Para Senior Jurnalis, juga harusnya tidak lagi berdiam diri, bantah kriminalisasi Wartawan dan tegakkan UU Pokok Pers.

Hari ini, kita mestinya berduka, saudara kita di Sumatera Barat menghadapi masalah hukum, yang seharusnya tidak dia terima. Mari kita buktikan, bahwa jiwa solidaritas Pers di Indonesia kuat dan kokoh, ibarat salah satu organ tubuh kita yang tersakiti, maka organ yang lain pun akan merasakannya. Salam Jurnalis…!

#saveismailnovendra

#stopkriminalisasiwartawan – Viralkan!

Sekilas tentang Penulis (RICO ADI UTAMA):

  1. Pemimpin Redaksi Koran Suara Keadilan Rakyat (2011-2017)
  2. Mantan Ketua Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Sumatera Barat.
  3. Pemimpin Umum/ Penanggungjawab www.jurnal.news (2017)
  4. Kontributor beberapa media.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota Pariaman 2018-2023 Favorit Anda?
  Dewi Fitri Deswati - Pabrisal
  Mahyuddin - Muhammad Ridwan
  Genius Umar - Mardison Mahyuddin

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO

    Terima Kasih Berita yang unik dan bermanfaatnya ...

    View Article
  • escargot-books

    This article is composed in radiant written work for the general population to peruse ...

    View Article
  • TITAN GEL ASLI

    Thank you for sharing good information for health, may be useful for all of us do ...

    View Article
  • thesis service

    A UK thesis professional between thine discipline execute comment you diagram then ...

    View Article