Bupati Pasaman: Ketahanan Pangan Sangat Penting dan Strategis

By 23 Mar 2017, 00:05:21 WIBDaerah

Bupati Pasaman: Ketahanan Pangan Sangat Penting dan Strategis

Keterangan Gambar :


Lubuk Sikaping, Sitinjausumbar--- Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis, SH mengatakan ketahanan pangan saat sekarang menjadi masalah sangat penting dan strategis untuk dibahas dan diwujudkan, karena hal ini menyangkut kebutuhan mendasar masyarakat.

Hal itu,  dikatakan Yusuf Lubis,  dalam Rapat Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman di Gedung Syamsiar Taib Lubuksikaping, Selasa (21/3/2017).

Dikatakan, untuk mewujudkan ini Dewan Ketahanan Pasangan memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan, merumuskan serta mengawal implementasi kebijakan ketahanan pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Bahkan juga untuk mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan, serta mengevaluasi pelaksanaan program ketahanan pangan khususnya pada subsistem ketersediaan dan kerawanan pangan, distribusi dan akses pangan serta konsumsi dan keamanan pangan.

 “Untuk itulah, bagaimana cara kita mengimplementasikan program ketahanan pangan ini dapat kita bahas bersama melalui rapat ini,” kata Bupati Yusuf Lubis.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama menjelaskan, sebagai mantan anggota TNI, dirinya sangat paham atas program ketahanan pangan ini. Ia menilai berbagai program ketahanan pangan ini, tidak akan terwujud jika Dewan Ketahanan Pangan berserta elemen yang terkait di dalamnya tidak satu suara, langkah dan tujuan.

  1. ini menjadi salah satu pembicaraan dan pembahasan kami dalam rapat ini,” kata Atos. Disampaikan Atos Pratama, di Kabupaten Pasaman sendiri, upaya mewujudkan daerah swasembada dan ketahanan pangan, berbagai program yang diinstruksikan  Pemerintah Pusat telah dilaksanakan.

"Baru-baru ini telah kita laksanakan tanam padi serentak, bersama masyarakat dan TNI guna membangkitkan kembali lahan tidur masyarakat, hingga memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Atos menambahkan, selaku pihak pemerintah, ia sangat dan akan terus mendukung gerakan-gerakan sistem pertanian agar bisa membangun ketahanan pangan di daerah.

“Pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peranan penting dalam mewujudkan stabilitas Nasional sehingga harus dilanjutkan secara
berkesinambungan. Untuk itu diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi teknis melaksanakan program atau kegiatan dalam pembangunan pertanian kearah yang lebih baik,” tutur Atos Pratama.

Dalam acara yang dihadiri oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis beserta wakilnya Atos Pratama, dan Kabid Pangan Sumbar Efendi, serta para pemateri dan peserta itu terungkap, berbagai program ketahanan pangan telah mulai digiatkan oleh pemerintah pusat, provinsi hingga di daerah. Bahkan hal ini telah melibatkan berbagai pihak terkait seperti TNI.( Andra/amir)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota Pariaman 2018-2023 Favorit Anda?
  Dewi Fitri Deswati - Pabrisal
  Mahyuddin - Muhammad Ridwan
  Genius Umar - Mardison Mahyuddin

Komentar Terakhir

  • Kennethliz

    wh0cd42819 <a href=http://cialis18online.us.org/>Cialis Online</a> ...

    View Article
  • Aaronpeemy

    wh0cd42819 <a href=http://levitra18.us.com/>levitra 10 mg price</a> ...

    View Article
  • BennyVog

    wh0cd42819 <a href=http://valtrex18.us.org/>valtrex tablets</a> ...

    View Article
  • Aaronpeemy

    wh0cd42819 <a href=http://prednisolone18.us.com/>prednisolone</a&g t; ...

    View Article